Sayuran Rt 02 Rw 09 Kartasura Sukoharjo
085 640 283 616
spartamartialart@gmail.com

Tips Merawat Seragam Beladiri Pencak Silat Agar Awet dan Tidak Mudah Rusak

085 640 283 616 | Produsen Seragam Pencak Silat

Tips Merawat Seragam Beladiri Pencak Silat Agar Awet dan Tidak Mudah Rusak



Memilih Bahan Seragam Silat

 Bahan Seragam Silat – Seragam silat merupakan suatu identitas dari setiap perguruan pencak silat ataupun identitas team atlet pencak silat. Bahan yang dipilih tentu berbeda dengan bahan – bahan yang di pergunakan untuk membuat seragam baju yang lainnya. Bahan seragam silat tentu memiliki karakteristik dan kwalitas yang lebih baik dari bahan pada umumnya. bahan seragam silat yang dipergunakan berkalu untuk seragm silat untuk perguruan dan merk apapun seperti cimande, psht, ipsi, perisai diri, tapak suci, merpati putih, ikspi, harimau,dan merek – merek seragam silat seperti clat.

Mengapa kita harus memilih bahan yangberkwalitas ? di karenakan dalam gerakan pencak silat sering kali menggunakan gerakan – gerakan yang ekstream saat berlatih, sehingga di tuntut untuk memilih bahan yang sesuai. Jika salah dalam memilih yang terjadi seragam silat tidakakan tahan lama atau akan mengalami sobek saat berlatih.

Merawat Seragam Pencak Silat

Perawatan Baju Seragam Silat berbeda dengan baju pada umumnya. Meskipun teman – teman memiliki bahan yang berkwalitas, jika perawatannya salah tentu seragam silatnya tidak akan bisa berumur panjang. Itulah mengapa kita wajib mengetahui tips – tips ringan ini dalam perawatan baju beladiri kesayangan teman – teman.

  • Cucilah seragm silat kesayangan teman – teman dengan cara manual. Jangan menggunakan mesin cuci. Karena jika menggunakan mesin cuci serat kain akan cepat rusak dan warna juga mudah pudar. Ini di karenakan putaran dalam mesin cuci terlalu keras.
  • Proses perendaman usahakan tidak terlalu lama, cukup 15 menit saja untuk mengangkat kotoran yang menempel. Pada umumnya kotoran baju seragam silat tidak begitu berat, hanya keringat dan debu – debu yang menempel saat latihan. Jadi rendamlah seperlunya saja.
  • Hindari menjemur baju seragamsilat di bawah terik matahari secara langsung. Hal ini di lakukan agar kekuatan serat kain tetap terjaga dan untuk menjaga keaslian warna kain agar tidak udahpudar. Teman – teman dapat menjemurnya dengan di angin – anginkan di tempat yang teduh namun masih mendapatkan pantulan atau radiasi dari sinar matahari. Dengan begitu baju silat akan kering dengan sendirinya.
  • Saat melakukan penyetrikaan usahakan jangan menggunakan suhu panas yang berlebihan, anda cukup menggunakan suhu yang sedang – sedang saja.
  • Usahakan gantung baju silat teman – teman di lemari gantung, agar baju tidak kucel dan berkerut – kerut setelah penyetlikaan.

Baca Juga : Produsen Baju Pencak Silat Termurah

Perawatan BajuSeragam Silat di atas berlaku untuk semua jenis bahan – bahan untuk baju silat. Tentu bagi sebagian dari teman – teman yang memiliki budget berlebih tentu tidak akan terlalu sulit untuk membeli seragam silat yang kwalitasnya bagus. Berbeda bagi sebagian yang mempunyai anggaran dana yang terbatas tentu harus lebih pintar dalam memilih bahan baju, namun tetap sesuai dengan anggaran dana yang ada. Meskipun kwalitas bahan yang utama, teman – teman tidak boleh melupakan dari segi jahitannya. Karena jahitan juga berpengaruh dari keawetan suatu seragam pencak silat.

Demikian beberapa tips dalam merawat seragam silat kesayangan teman – teman semua. Semoga tips sederhana ini bisa membantu anda dalam merawat baju silat agar lebih awet dan berumur panjang. Sehingga anda tidak akan membeli baju silat berulang – ulang, sehingga akan menghemat budget anda.

Pengunjung Juga Mencari:

  • Gambar pesilat hitam
  • hitam putih bela diri
  • PN gasmi pakai ikat sabut

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *